Bahan Belajar Metode CM

Buku “Cinta yang Berpikir” (Edisi Revisi)

ISBN     : 978798816369
Tahun    : 2016
Penerbit : EIN Institute
Halaman  : xviii + 263

SINOPSIS BUKU

Modal awal untuk menjadi orangtua yang baik adalah rasa cinta mendalam kepada anak-anak. Tetapi cinta saja ternyata tidak cukup. Kita butuh a thinking love, cinta yang dilengkapi dengan pengetahuan dan perenungan.

Buku ini menyajikan pokok-pokok pemikiran pendidik Inggris terkemuka Charlotte Mason tentang pendidikan menyeluruh berbasis karakter yang tak lekang dimakan zaman, baik yang filosofis maupun praktis.

Di dalamnya Anda akan diajak berpikir antara lain tentang:

  • Bekal pengetahuan apa saja yang perlu dimiliki orangtua untuk mengasuh anak?
  • Bagaimana menyeimbangkan otoritas orangtua dengan kebebasan anak?
  • Apa arti penting menyusun filosofi pendidikan keluarga?
  • Bagaimana membangun karakter anak lewat latihan kebiasaan-kebiasaan baik (habit training) dan buku-buku berkualitas (living books)?
  • Bagaimana menyusun kurikulum yang kaya ide sekaligus ramah anak?
  • Bagaimana metode belajar yang efektif dan bermakna?
  • Apa keunikan metode CM dibandingkan metode-metode pendidikan lain?

Dimaksudkan untuk menjadi rujukan sederhana tentang metode pendidikan Charlotte Mason bagi keluarga dan praktisi pendidikan Indonesia, ada tiga bagian dalam manual ini:

Bagian I, sekilas filosofi, adalah fondasi intelektual dari bagian kedua dan bagian ketiga, menguraikan konsep-konsep kunci filosofi pendidikan Charlotte Mason: a thinking love (bab 1), premis-premis tentang hakikat anak dan peran orangtua (bab 2 dan 3), tiga pertanyaan fundamental pendidikan (bab 4), desire of knowledge (bab 5), education is an atmosphere (bab 6), education is a discipline (bab 7), education is a life (bab 8), masterly inactivity (bab 9), dan magnanimity (bab 10).

Bagian II, sekilas kurikulum, memperkenalkan metode-metode kunci Charlotte: living books, narasi, nature studyshort lessonsgenerous curriculumshort reading, dan sebagainya. Diterangkan pula teknis pelaksanaan metode CM untuk berbagai mata pelajaran: membaca, menulis, tata bahasa, pendidikan agama, sejarah, sastra, kewarganegaraan, bahasa asing, musik dan seni, sains, matematika dan logika, pendidikan jasmani, hasta karya dan keterampilan praktis, serta bacaan dan kegiatan bebas.

Bagian III, sekilas komparasi, berisi perbandingan filosofis, metodis, maupun teknis, antara CM dengan lima metode yang populer di kalangan praktisi sekolahrumah, yakni unit studiesunschoolingclassical education, Montessori, dan Waldorf.

Apabila Anda berminat memiliki buku ini, sila memesan melalui tautan berikut.